Tuesday, December 27, 2016

PERMASALAHAN SOSIAL DARI SEGI KEMACETAN


TUGAS “ILMU SOSIAL DASAR”

PERMASALAHAN SOSIAL DARI SEGI KEMACETAN


          Kami dari kelompok 3 yang beranggotakan 5 orang,terdiri dari :

1 .       ASRI BAHTIAR                    (21416144)
2.       ANDY MUSHLIHIEN            (20416841)
3.       WILIBRODUS NOBERT      (27416782)
4.       IGNASIUS APRIYANTO      (23416379)
5.       FRIESTIAN HANIF               (22416921)

       Untuk memnuhi tugas dari matakuliah “Ilmu Sosial Dasar” (soft skill) disini kami telah melakukan sebuah penelitian lapangan untuk menyusun sebuah video dalam bentuk CD yang berisi tentang “Permasalahan social dari segi kemacetan”  yang akan kami paparkan kembali dalam bentuk tulisan.

       Dari penelitian lapangan yang kami lakukan yaitu turun kejalanan untuk meneliti dan mencari data-data yang relevan dari segi kemacetan yang terjadi tepatnya di daerah kawasan Cibubur di Jalan Alternatif Cibubur.
     Dari penelitian yang telah kami lakukan maka kami mendapatkan beberapa hal yang menyebabkan kemacetan terjadi disan yaitu :

·         Kurangnya Infrastruktur

Perbandingan antara volume kendaraan yang ada didaerah sini dengan infrastruktur yang masih kurang seimbang sehingga menyebabkan kemacetan yang sangat parah terutama pada pagi dan sore hari, tetapi kerap kali juga terjadi macet  sepanjang hari. Dari segi infrastruktur yang masih kurang didaerah sini mejadi factor utama kemacetan dikarenakan volume kendaraan yang begitu banyak.

·         Kurangnya Budaya mengantri
                   
                  Tidak mau memberikan kesempatan terhadap pengendara lain baik pengendara roda dua maupun roda empat yang hanya mementingkan diri sendiri untuk jalan lebih dahulu tanpa memberikan kesempatan terhadap pengendara lain, terutama pengemudi “kendaraan umum” yang menaikann dan menurunkan penumpang sembarangan.

·           Berhenti Sembarangan
                   
                    Banyak kendaraan umum maupuk kendaraan pribadi baik roda dua maupun ruda empat yang berhenti / parkir sembarangan dipinggir jalan. Padahal sudah terdapat rambu – rambu yang menyatakan untuk tidak berhenti diarea tersebut.

·         Kurangnya Pengaturan Lalulintas


                 Sayang sekali pada saat kemacetan terjadi jarang melihat ada petugas yang mengatur lalulintas ditengah – tengah kemacetan padahal didaerah tersebut terdapat “pos petugas”. Karena kurang ketatnya pengawasan dari para petugas lalulintas sehingga menyebabkan pengendara tidak tertib berlalulintas karena kebanyakan pengemudi hanya taat berlalulintas ketika melihat petugas.

·         Tidak Tertib Saat Putar Arah


                Pada saat para pengemudi yang akan berputar arah biasanya terburu buru tanpa mengantri kendaraan dari arah yang berbeda karena ada orang yang mengatur kendaraan saat putar arah yang kami sebut “Pak Ogah” dengan diberikan sejumlah imbalan uang. Terkadang memang membatu pada saat kendaraan dari arah yang berlawanan berkecepatan tinggi, namun pada saat kendaraan padat para “Pak Ogah” ini mengatur putar arah kerapkali tidak menghiraukan volume kendaraan dari arah yang berlawanan sehingga kerapkali menyebabkan kemacetan panjang.  

·         Kurang Tertib Saat Berkendara

             Pada saat antrian kendaraan panjang, banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang berpindah pindah jalur antrrian dengan tujuan agar bisa melaju dengan lebih cepat, padahal berpindah – pindah jalur sembarangan justru menyebabkan kendaraan melaju lebih lambat.


                     Saran dari kelompok kami adalah Perbaikan infrastruktur sangat diperlukan untuk mengurai kemacetan yang selama ini menjadi tradisi di negri ini, dengan infrastruktur yang memadai bisa mengurangi kemacetan akibat kendaraan putar arah dengan membuat jembatan atau Under pass dan Budayakan tertib berlalulintas meskipun tidak ada petugas yang mengatur lalulintas dan budayakan mengantri sehingga dapat memberi kesempatan kepada pengembudi lain.

                    Kesimpulan yang kami dapatkan yaitu bukan hanya karena volume kendaraan yang dari tahun ke tahun semakin meningkat tetapi juga terdapat beberapa factor penyebabnya seperti yang telah kami paparkan diatas.


Sekian dan Terimakasih.



gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment